Imam dan Raja

Tahun ini adalah tahun ayin aleph (5771).......
dan pada tanggal 29 september pada pukul 18.00 waktu yerusalem, bangsa israel akan merayakan tahun baru, yaitu pergantian tahun dari 5771 (ayin aleph) menjadi tahun 5772 (ayin beth). Ayin beth diartikan sebagai "Mata Tuhan yang tertuju kepada rumah-rumah (tenda/rumah tangga) terdapat pada 2 taw 7:15. Sehingga tahun 5772 adalah tahun di mana Mata Tuhan tertuju kepada rumah-rumah untuk melawat umatnya yang selalu memanjatkan  doa.
tahun 5770-5779 adalah tahun di mana mata Tuhan selalu tertuju kepada umatnya.. sehingga Tuhan mempercayakan umatnya untuk menjadi Imam dan Raja.


Berikut adalah tahun-tahun yang akan kita jalani sampai tahun 5779 :
. 5770    : Ayin (mata)                                                                      . 5775    : Ayin-He (mata-dia/menunjuk)
. 5771    : Ayin-Alef (mata-kepala lembu)                                               . 5776    : Ayin-Vav (mata-pasak)
. 5772    : Ayin-Bet (mata-rumah)                                              . 5777    : Ayin-Zayin (mata-cangkul)
. 5773    : Ayin-Gimel (mata-kaki)                                               . 5778    : Ayin-Chet (mata-dinding)
. 5774    : Ayin-Daled (mata-pintu)                                            . 5779    : Ayin-Tet (mata-keranjang)
Tahun-tahun tersebut mempunyai arti tersendiri sesuai lambang dari huruf Ibrani kuno seperti tersebut diatas.

Sekarang, mari kita perhatikan 1 Pet 2:9-10. Nats ini menyatakan bahwa kita adalah imamat yang rajani artinya kita dijadikan imam dan raja, suatu jabatan yang luar biasa.

Mengapa jabatan imam dan raja itu begitu penting ?
Wahyu 20:5-6 mencatat bahwa jabatan itu adalah syarat untuk memerintah bersama-sama dengan Kristus dalam kerajaan 1000 tahun, yakni sebagai imam dan raja. Dalam kerajaan 1000 tahun itu kematian tidak berkuasa lagi atas kita.
Dalam Perjanjian Lama, ada 2 jabatan dimana orang yang menjabatnya harus diurapi terlebih dahulu baru bisa menjalankan tugasnya. Jabatan tersebut adalah imam dan raja.
Sebelum Harun memegang jabatan imam, dia harus diurapi oleh Tuhan melalui Musa untuk memegang jabatan itu (Kel 29:29,36), demikian pula dengan anak-anak Harun mereka juga harus diurapi.
Sebelum menjadi raja pertama B. Israel, Tuhan memerintahkan Samuel untuk mengurapi Saul sebelum memegang jabatan raja (1 Samuel 10:1). Dicatat dalam 1 Sam 10:6,9,10 ketika Saul diurapi, Tuhan membuatnya menjadi manusia lain, hatinya menjadi lain dan Saul kepenuhan seperti nabi.
Oleh karena ketidaktaatan dan dia lebih takut kepada rakyat daripada keada Tuhan, maka Saul ditolak menjadi raja (1 Sam 15:24). Sebagai penggantinya Allah telah menemukan Daud, orang yang berkenan bagiNya (1 Sam 13:14). Namun sebelum Daud memegang jabatan raja, dia harus diurapi dulu. Daud diurapi sebelum menjadi raja sebanyak 3 kali :
-       1 Sam 16:13, ketika Samuel mengurapinya menjadi raja
-       2 Sam 2:4, orang-orang Yehuda mengurapinya menjadi raja atas kaum Yehuda
-       2 Sam 5:3-5 tua-tua Israel mengurapinya menjadi raja atas Israel, berarti atas seluruh Israel dan Yehuda

Apa yang harus kita lakukan setelah mendapat pengurapan imam dan raja ?
a.       Salah satu tugas penting dari seorang imam adalah melayani dan menggembalakan jemaat khususnya dalam hal hukum-hukum (Ul 33:8,10; Mal 2:7). Seorang pendeta tugasnya sama dengan seorang imam, oleh sebab itu setiap pendeta harus siap melayani jemaat mulai dari lahir sampai penguburan. Pengerja juga harus siap membantu para pendeta dalam melayani kebutuhan jemaat.
b.      Salah satu tugas penting seorang raja adalah untuk menyediakan seluruh kebutuhan umat/rakyat, memperhatikan kebutuhan orang lain yang menderita (Mazmur 72:12-14-baca ayat 1 sd 20). Doa Salomo dalam nats ini sangat memperhatikan orang lemah, itulah sebabnya Tuhan sangat memberkati dia menjadi raja yang tak tertandingi, baik kejayaan maupun kekayaan (2 Taw 9:22). Kalau Saudara mau dihormati seperti raja, lakukanlah seperti doa Salomo.
Yes 45:1-3 mencatat, ada pengurapan khsusus bagi raja, yaitu Tuhan akan memberikan harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi. Negeri kita Indonesia penuh dengan harta yang tersembunyi, kaya gas, emas, tembaga, dll, laut danisinya yang sangat kaya. Jika Saudara mendapatkan pengurapan raja, dengan memperhatikan orang yang lemah maka harta yang tersembunyi juga akan diberikan kepada kita. 

Leave a Reply

Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto Saya
saya mahasiswa di AMIK ROYAL Kisaran

Pengikut